Minggu, 21 Oktober 2007

Selasa, 16 Oktober 2007Lebaran,

Arus Transportasi di Sukamara Aman

SUKAMARA – Selama menjelang lebaran dan paska lebaran, arus transportasi di Sukamara masih aman. Kendati demikian, para pemudik dihimbau tetap dalam keadaan waspada dan tetap menggunakan perlengkapan keamanan berkendaraan.
“Arus transportasi di Sukamara lancar, karena tidak seramai di daerah lain. Meski begitu, para pengendara bermotor harus tetap memperhatikan kelengkapan pengamanan berkendaraan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Kasatlantas Polres Pan Sukamara, IPDA Sumarya.
Disampaikannya, arus transportasi kendaraan roda dua saat ini mengalami peningkatan menuju ke arah Kotawaringin Lama dibanding hari-hari biasanya. Hal tersebut disebabkan para pemudik memilih jalur transportasi air dari Kotawaringin menuju ke Pangkalan Bun.
“Mereka ada yang memilih lewat Kotawaringin dengan menggunakan sepeda motor. Tetapi ada juga sebagian naik taksi lewat jalur Sungai Ramis menuju Pangkalan Bun,” tambah Sumarya.
Sementara itu, arus balik ke Sukamara hingga hari kedua lebaran ini mulai mengalami peningkatan. Bahkan, untuk melayani penumpang dari dan ke Sukamara, terlihat penambahan armada speed boat di Dermaga Sungai Bantu.
“Mulai kemarin sudah banyak yang balik ke Sukamara. Diperkirakan peningkatan jumlah penumpang ini akan terus hingga beberapa hari ke depan sebab jadwal libur para pegawai juga belum habis,” ujar salah seorang sopir taksi.
Untuk menjamin keamanan dan keselamatan para pengguna jalan, pihak kepolisian juga membuat posko pengamanan lebaran di komplek pasar Sukamara, wadah mangkalnya taksi jurusan Sukamara –Sungai Bantu.
“Kepada para taksi, kami juga menghimbau agar jangan lupa melengkapi kendaraan dengan alat pengamanan seperti sabuk pengaman, dan tidak mengangkut penumpang berlebihan demi kemananan dan kenyamanan para penumpang,” tukas Sumarya. (fzr)

Tidak ada komentar: